Jumat, 11 November 2011

Edisi 1 Kompetisiblog Taman Nasional Komodo sebagai The New 7 Wonders

     Siapa yang tidak tahu bahwa Indonesia adalah sebuah negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Lautnya, pantai, daratan, sungai, hutan, lembah, danau, gunung, dan yang lainnya. Indonesia juga memiliki banyak taman nasional. Salah satunya merupakan taman nasional yang sangat unik karena tidak ada duanya di tempat lain, apalagi di negara lain. Taman Nasional Komodo. Sebuah taman nasional yang terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Komodo sendiri terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Mengapa unik? Karena Taman Nasional Komodo adalah habitat asli dari hewan komodo, hewan asli Pulau Komodo yang tidak ditemui di wilayah lain walaupun itu di Indonesia. Wilayah tengah Indonesia dilalui oleh garis Wallace-Weber. Flora dan fauna khas akan dengan mudah ditemui di wilayah sekitar daerah yang dilalui oleh garis Wallace-Weber ini. Taman Nasional Komodo adalah salah satunya, itulah alasan mengapa hewan komodo berasal dari pulau-pulau di sini, terutama pulau Komodo.

     Sejak tahun 1986, Taman Nasional Komodo sudah diterima menjadi Situs Warisan Dunia yang dianugrahkan oleh UNESCO. Dan saat ini pemerintahan Indonesia memiliki keinginan untuk menjadikan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia, atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan The New 7 Wonders of Nature. Voting penentuan ke-7 keajaiban dunia ini sudah lama digalakan dan berakhir pada hari ini, Jumat, 11 November 2011 pada pukul 18.00 WIB oleh sebuah lembaga yang bernama New7Wonders yang berasal dari Swiss. Taman Nasional Komodo sendiri adalah salah satu dari 28 kontestan lainnya. Pemerintah Indonesia mendaftarkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu nominasi New 7 Wonders dengan tujuan taman nasional ini atau lebih spesifik lagi hewan komodo ini dikenal dunia sebagai hewan asli Indonesia yang pastinya akan mengangkat nama Indonesia di mata dunia.

     Voting penentuan ketujuh keajaiban dunia ini dilakukan dengan voting online sampai via SMS. Seluruh operator seluler di Indonesia telah bekerja sama dalam pengumpulan suara melalui pesan singkat ini dengan tarif hanya Rp 1,00 saja. Hal ini memudahkan masyarakat untuk ikut serta dalam pemberian suara karena tak semua warga Indonesia bisa mengakses internet atau melakukan voting secara online.

     Akan muncul dampak-dampak positif maupun negatif jika taman nasional habitat asli komodo ini menjadi salah satu dari ketujuh keajaiban dunia. Pemerintah setempat akan mendapat kucuran keuntungan yang berasal dari wisatawan yang datang ke Taman Nasional Komodo ini. Devisa negara pun akan bertambah karena banyak wisatawan asing yang berkunjung. Daerah sekitar taman nasional akan mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan pariwisata di sana. Dan sudah pasti kesejahteraan penduduk di ketiga pulau yang berada di kawasan taman nasional akan meningkat. Begitu pula dengan pengelolaan taman nasional juga bertambah maksimal.

     Namun, mari kita lihat dampak negatif yang ditimbulkan. Mayoritas dampak negatif ini berimbas pada alam terutama pada komodo-komodo yang tinggal di sini. Pertama, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, pasti produksi sampah dan limbah yang dihasilkan oleh para wisatawan atau penduduk yang melayani wisatawan semakin bertambah. Jika hal ini tidak ditangani dengan benar dan serius, maka otomatis akan merusak alam. Memang, negara dan penduduk sekitar akan diuntungkan dengan devisa dan keuntungan yang didapat dari wisatawan domestik maupun mancanegara. Namun, perkembangan yang terjadi dan tidak dikontrol, lama-kelamaan akan mengurangi luas habitat dari hewan komodo yang ada di sana. Dan dampak negatif yang paling fatal akan dialami oleh hewan komodo ini sendiri. Populasi komodo di Taman Nasional Komodo ini hidup secara liar, mau tidak mau kedatangan manusia ke habitat mereka akan mengganggu keberadaan kadal terbesar di dunia ini. Karena jumlah wisatawan yang datang ke taman nasional ini tidak begitu banyak, komodo-komodo ini sudah terbiasa karena di taman nasional ini juga ada kurang lebih 4000 penduduk. Akan tetapi kedatangan wisatawan yang diluar kebiasaan atau dalam kata lain menjadi lebih banyak dari biasanya akan membuat komodo-komodo ini stress. Layaknya hewan pada umumnya, jika mengalami stress yang terus menerus, mereka akan sakit dan kemudian mati. Singkat kata populasi hewan komodo ini akan terus berkurang.

     Sebuah pertanyaan yakni, "Akankah Komodo menjadi The New 7 Wonders?" dilontarkan pada sekelompok orang. Mayoritas mengatakan iya, Komodo akan menjadi The New 7 Wonders dengan berbagai alasan. Ada yang mengatakan bahwa Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan hanya ada di Indonesia, bukankah itu sebuah keajaiban dari Tuhan. Salah seorang lagi berkata bahwa Komodo ini merupakan hewan purba yang mampu beradaptasi hingga masih bisa kita jumpai sekarang. Dan ini hanya bisa ditemui di Indonesia. Sudah seharusnya kalau Komodo menjadi salah satu keajaiban dunia. Namun ada satu pernyataan yang sedikit mengejutkan. Persiapan yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Komodo sebagai The New 7 Wonders sudah memakan biaya besar. Belum lagi jika benar-benar terpilih, uang yang dikeluarkan untuk pengembangan aksesibilitas, promosi, dan yang lainnya juga sangat besar. Padahal banyak rakyat-rakyat di negeri ini yang masih membutuhkan batuan dari pemerintah. Selain itu, kedatangan wisatawan yang berlebih ke Taman Nasional Komodo ini akan membuat komodo-komodo di sana terganggu sehingga terancam populasinya berkurang akibat dari stress.

     Hampir semua masyarakat Indonesia sendiri pasti akan bangga jika Taman Nasional Komodo menjadi salah satu dari The New 7 Wonders. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 240 juta jiwa, tidak menutup kemungkinan Taman Nasional Komodo untuk lolos karena ketujuh keajaiban di dunia ini ditentukan berdasarkan dari jumlah suara yang terkumpul. Semoga pemerintah sendiri bisa mengatur dengan baik dari semua aspek juga mampu memberikan penyuluhan pada masyarakat akan kondisi alam terutama pada populasi komodo ini supaya tidak terganggu.


SPONSORED BY:


18 komentar:

  1. terima kasih.. barang kali ada kritik boleh dismpaikan kok :)

    BalasHapus
  2. usul nenk, font-nya ganti aja pusing gw bacanya
    design blog sih dah okay

    http://lechateaudemamere.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. kalo sekarang pulau komodo ini udah jadi new 7 wonders harus ada kerjasama yang keras antara pemerintah dan masyarakat pengelelola termasuk para turis untuk tetap mempertahankan alam dan habitat mereka . :)

    BalasHapus
  4. Das ist toll ! :D

    BalasHapus
  5. membuat suatu taman wisata menjadi salahsatu keajaiban dunia itu tidak mudah. kalo menurut saya, lebih baik pulau komodo tidak usah dijadikan new7wonders juga tidak apa2 jika pemerintah memang belum siap karena dikhawatirkan habitatnya akan terganggu jika banyak turis yg datang.
    well.. it's just an opinion ya ri :D

    BalasHapus
  6. yuup setuju dengan pendapat dampak negatifnya,,
    c'est super :D
    bravo!!

    BalasHapus
  7. : reply to anonim
    yup, setuju banget. sekarang komodo memang sudah berhasil menjadi N7W. so pasti pemerintah harus bisa membimbing masyarakatnya supaya turut serta menjaga kelestarian Taman Nasional Komodo :)

    BalasHapus
  8. : reply to Fahma Ayudiany
    Danke :*
    ありがとう (arigatoo) !!
    谢谢 (xièxiè) :)

    BalasHapus
  9. : reply to Nanum Dyah R.
    don' worry, event it's just an opinion, but it will help me to be better.
    berhubung komodo sudah sukses menjadi satu dari N7W, sekarang saatnya masyarakat sendiri membatu pemerintah dalam pelestarian komodo ini sendiri. :)
    Thank's for ur comment, kak Nanum :*

    BalasHapus
  10. : reply to Indah
    Merci, unni :*
    Wish me luck ya :)

    BalasHapus
  11. good,memang nusa tenggara timur memiliki banyak destinasi yang menarik bisa kita liat selain pantai yang indah mereka juga memiliki binatang langka yang satu-satunya di dunia selain itu juga mereka memiliki danau tiga warna kelimutu dan banyak lainnya hebat untuk ntt

    BalasHapus
  12. Dengan dinobatkannya Pulau Komodo sebagai The New 7 Wonders ini diharapkan kepada pemerintah agar lebih memberi perhatiannya kepada Pulau Komodo ini, mulai dari fasilitas, aseksibilitas, dan tempat pendukung akomodasi.

    BalasHapus
  13. : reply to Anonim
    potensi wisata yg lain itu juga dapat dijadikan tujuan wisata lain selain taman nasional komodo sendiri. Jadi bisa dimanfaatkan secara optimal :)
    thank's for your comment :)

    BalasHapus
  14. : reply to Boby Nugraha
    Setelah terpilihnya komodo menjadi N7W ini pemerintah memang harus memperhatikan segala aspek, namun ya jangan sampai merugikan si komodo ini sendiri. Setuju? :)

    BalasHapus
  15. Karena pulau Komodo udah jadi New 7 Wonders, kita sebagai traveler harus bisa majuin pariwisata daerah setempat, jadi Indonesia bisa makin dikenal, gak cuma Bali atau Lombok melulu... Naaahh,, gimana kalo Travel Agent yg ada di Indonesia coba bikin paket tour ke Pulau Komodo ??
    (Jangan suruh gue bikin itinerary) Hahahaaaa :D

    BalasHapus
  16. :reply to Jesika Desianti
    huahahah :D ga minta kamu buat bikin ITI deh :p
    iya ih bener, tapi asal TAnya ga keterlaluan jual tour mereka yg ke p.komodo itu. kasian entar komodonya suturesu :p

    BalasHapus