Jumat, 18 November 2011

Edisi 2 Kompetisiblog Palembang Dalam SEA Games

Tahun 2011 ini, negara kita beruntung karena kembali terpilih menjadi negara tuan rumah ajang olahraga SEA Games XXVI. SEA Games adalah ajang pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara. Sebelumnya, Indonesia menjadi negara tuan rumah pada tahun 1979, 1987, dan 1997. SEA Games 2011 ini dilaksanakan dari tanggal 11-22 November 2010 di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.
Dunia sudah mengenal Jakarta sebagai kota yang ada di Indonesia. Namun, tidak demikian dengan Palembang. Ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan ini tidak setenar Jakarta atau Bali di mata dunia. Presiden Republik Indonesia memiliki kota yang memiliki sungai terpanjang di Indonesia ini karena dirasa sebagai kota yang paling bersemangat dan kesiapan fasilitas olahraganya.
Terpilihnya kota Palembang sebagai tuan rumah utama sangat berdampak positif. Dampak ini dilihat dari dua sisi. Sisi yang pertama dari para atlet dan tim yang menyertainya. Saat kembali ke negara asal masing-masing, atlet-altet tersebut pasti akan menceritakan kesan-kesan mereka selama berada di Indonesia, utamanya di Palembang. Secara tidak langsung cerita para pejuang olahraga dari negara-negara Asean ini membantu dalam proses promosi pariwisata Indonesia yang kemudian membuat penggemar atau orang-orang yang mendengarkan cerita itu tertarik untuk mengunjungi Indonesia.
    Sisi yang berikutnya adalah dari sisi para penonton atau supporter. Opening Ceremony SEA Games 2011 yang diadakan di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang ini mengundang perhatian supporter dan masyarakat Indonesia. Mereka berbondong-bondong pergi menuju Palembang guna menyaksikan secara langsung upacara pembukaan yang diadakan pada tanggal 11-11-2011 kemarin. Pengunjung dan supporter tidak hanya berasal dari penjuru tanah air. Namun, juga berasal dari negara peserta ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara ini. Negara sudah diuntungkan dengan datangnya warga asing ini dalam penambahan devisa negara. Megahnya dan suksesnya upacara pembukaan yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono ini berhasil membuat seluruh penonton yang menyaksikan menjadi puas dan sangat terkesan.
http://www.antarafoto.com/sea-games/
Pemerintah tidak bekerja sendiri, mereka bekerja sama dengan biro perjalanan dan biro wisata yang ada di Indonesia. Biro-biro tersebut membantu dalam menangani akomodasi, transportasi, hingga makanan untuk 6000 lebih atlet yang mengikuti ajang pesta olahraga dengan mascot “Modo-Modi” ini. Dilihat dari berbagai aspek, event olahraga dengan slogan “United and Rising” ini menguntungkan banyak pihak. Mulai dari pemerintah hingga masyarakat biasa. Seperti yang sudah dijelaskan, selain pemerintah dan perusahaan-perusahaan yang membantu pengaturan berlangsungnya event ini, banyak pengusaha-pengusaha dan pengrajin cinderamata yang diuntungkan karena besarnya permintaan pembuatan miniatur “Modo-Modi”, sebagai cinderamata untuk para atlet dan souvenir yang dapat dibeli masyarakat. Masyarakat umum pun diuntungkan dengan adanya tayangan hiburan yang berkualitas dan mendidik.
Terlepas dari negara mana yang menjadi juara, event-event olahraga antar negara terbukti selalu berhasil menyatukan masyarakat suatu negara dan memperbaiki serta mempererat hubungan suatu negara dengan negara-negara yang lain.




SUPPORTED BY :




2 komentar:

  1. semangat yahh utk acara EXPOSE-nya
    trz klo bsa lo tlis deh itu kegiatan EXPOSE di blog lo. trz saran aja nih design blog jgn itam atuh kesannya itu ga kreatif, pdhal diliat tlisan lo sgt berbobot lhooo

    BalasHapus
  2. : reply to Bara
    iya kaaaa.. ini aku masih belajar designnya.
    heheh, ini curi2 waktu dari persiapan expose buat belajar design blog.
    iya gitu isi blognya? makasih deh kak bara.
    btw thanks banget :)

    BalasHapus